Wednesday, May 2, 2012

Penyakit Khas motor Matic

Bismilah, Memang mengendarai motor matic seperti  HONDA VARIO, BEAT, SPACY, YAMAHA MIO, sangat mengasyikan, apalagi kalau berduaan sama pacar, tinggal gas dan rem, gak perlu nukar gigi yang bikin capek kaki.  Tapi jangan lupa melakukan perawatan  yang teratur, agar performa kendaraan matic anda semakin prima. Tentunya lambat laun akan muncul problem pada matic kesayangan anda, dan sebetulnya hal  ini wajar, karena komponen akan habis atau rusak seiring dengan waktu dan pemakaian.
Tapi sebagai langkah agar anda dapat meminimalisir kerusakan , agar tidak merambat pada komponen lainnya, alangkah baiknya jika anda mengenal sebab timbulnya problem, komponen mana yang rusak, dan  cara perbaikan pada matic anda,  di bawah ini beberapa masalah khas dari segi mesin pada matic

Akselerasi berat, bensin boros, asap knalpot kehitaman, karena Filter udara Kotor. Sesuai arti dari Filter udara yang berarti penyaring udara, perangkat ini berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke karburator atau injektor pada mesin, tentu jika part satu ini rusak (kotor) akan menghambat jalannya udara yang akan masuk ke karburator atau injektor pada mesin, gejala pada mesin jika Filter udara ini kotor hampir mirip dengan Belt CVT yang aus, karena gejalanya putaran motor matic pada putaran bawah, atau pelan terasa berat atau lambat. Dan juga akan menimbulkan gejala Knocking, dan akan membawa pengaruh juga pada busi, busi akan berwarana hitam, karena dengan berkurangnya aliran udara, maka campuran yang tercipta di dalam mesin, akan lebih banyak bensin dan sedikit udara. Makanya asap knalpot jadi hitam dan bensin jadi sedikit lebih boros.

Lari motor matic mberebet dan tidak mau langsam. Hal ini juga disebabkan dari part yang berada didekat Air filter, bisa dibilang part ini, sebagai jantungnya motor matic, karburator yang menerima aliran udara dari air filter juga dapat bermasalah, karena udara yang akan masuk ke karburator terlebih dahulu disaring melalui air filter, maka air filter wajib bersih. Karburator berfungsi sebagai pencampur udara dan bahan bakar yang akan dikirim ke dalam ruang bakar untuk dibakar, dialat ini diatur jumlah partikel bensin dan udara yang akan dibakar. Nah jika muncul gejala matic anda mberebet dan gak mau langsam, di sisnilah sumber masalahnya, biasanya kerusakan terjadi pada Piston skep yang bocor dan karet karbu vakum yang bocor, sobek atau terjepit. Dan juga bisa jadi spuyer tersumbat, problem ini mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak imbang. Nah untuk perbaikan ini anda bisa serahkan ke bengkel, karena bagi awam agak rumit.

Terdengar suara gemericik dan timbul suara ngeltik di mesin. Biasanya bunyi ini muncul atau terdengar di daerah mesin,, perhatikan jika suara ngelitik terdengar sering dan berasal dari depan atau sekitar mesin, sudah pasti kerenggangan klep harus distel ulang, bunyi ini menandakan celah klep sudah longgar,  sehingga muncul bunyi ngelitik tik,tik,tik… nah lain halnya jika muncul bunyi gemericik dalam tempo yang cepat, itu menandakan rumah roller aus atau rumah  as puli skunder oblak,  tapi jika suara gemericik timbul di mesin, menandakan rantai keteng/timming kendur atau minta diganti. Sekian dulu, insyaAllah akan ditambahkan mendeteksi problem matic yang berciri : Entakan pada rumah CVT, Lari matic selip, tapi tanpa mberebet, Matic mberbet,yang bersumbel dari pengapian, Timbul suara ngorok pada girboks.
Semoga artikel mengenai  Mendeteksi penyakit pada motor Matic ini dapat berguna dan membantu bagi anda, terimakasih wassalam.

6 comments:

  1. Saya coba setting sendiri klep gas di motor matik saya...eh malah ketinggian...kalo dipasin...1-2 hari udah ngga langsam lagi...itu kenapa ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya coba bantu ya, usahakan saat menyetel putaran langsam mesin motor pada keadaan suhu mesin tidak terlalu panas, jadi coba motornya di panasin lebih kurang 10 menit, baru anda lakukan penyetelan langsam. karena hal ini akan berpengaruh.

      dan pastikan juga sambungan intake manifold antara karburator dan ke box filter udara rapat, untuk mencegah udara yang tak di undang.

      Delete
  2. Kenapa mtr vario saya terdengar ada suara kasar mengeritik d bagian dalam blok mesin,itu penyebabnya kenapa mohon d bantu...

    ReplyDelete
  3. banyak juga penyebab bunyi kasar pada blok mesin, harus paham betul jenis suara yang terdengar untuk bisa menebak komponen yang menyebabkan bunyi, contohnya bunyi antara klep, rantai timing, ring piston, pen piston, bisa berbeda. sebaikanya anda memeriksakan kepada bengkel yang biasa menangani vario, dan coba untk bertanya kepada lebih dari 1 bengkel untuk mendapatkan perkiraan sumber bunyi, dan rencana perbaikan serta biaya.

    terimakasih telah mampir ke blog saya.....

    ReplyDelete
  4. Kenapa motor vario jika kena gronjalan jadi mblebeg, kaya banjir, tp kalau pas gak jalan normal, langsam...

    ReplyDelete
  5. wah mungkin di sekitar pengapian itu mas, contohnya kabel busi kendur, atau ada socket yang longgar, bisa juga kabel ada tg mau putus. harus di cek satu persatu, dari yg paling mudah dulu mas.

    ReplyDelete

View My Stats

Automobile blogs