Honda JAZZ i-Dsi. Tentunya usia kendaraan yang semakin
bertambah juga menunut perawatan yang makin lebih, apalagi kalau bicara tentang
JAZZ i-Dsi yang pertama (2004) yang memang enak dipakai dan irit BBM, namun
jangan lupa akan perawatan parts-nya. Dalam pemeriksaan komponen ini anda dapat
melakukannya sendiri atau dengan bantuan mekanik, bengkel kepercayaan
anda. Ada beberapa komponen yang
perlu diperhatikan yakni . Power Steering.
Fungsinya untuk meringankan putaran setir mobil anda, kebayang bukan bila
komponen ini bermasalah, bakalan keluar tenaga
ekstra untuk memutar setir, apalagi saat mobil hendak parkir atau tidak
berjalan. Pada mobil ini menggunakan Power
Steering model elektris yang mengandalkan listrik untuk menggerakan papan bergerigi alias rack steer.Walau belum bermasalah
seperti ada kebocoran oli (rembesan), atau ada gejala bunyi, tak ada salahnya
jika anda periksakan kondisinya, mengingat harga komponen aslinya kisaran 9
jutaan. Karet boot
as-roda. Komponen karet perlu menjadi perhatian khusus mengingat usia
pakainya yang sangat terbatas.Fungsi karet boot as-roda ini sebagai penampung
gemuk pelumas, yang tentunya tidak boleh sobek.Joint as-roda yang dilumasi oleh
gemuk hanya dilindungi karet berbentuk kerucut ini, dan karet ini sering robek,
tanpa sepengetahuan pemilik kendaraan. Jika karet ini robek sudah pasti
gemuk akan keluar dan komponen joint
as-roda mulai kedatangan tamu yang tak diundang seperti air, pasir dll,
jadi jangan biarkan karet seharga Rp 265 ribu ini merusak joint as-roda yang
harganya 20 kali lipat.
Lengan ayun. lower arm atau lengan ayun Honda jazz
didesain ringkas, tak heran bila lengan ayun dibuat menyatu dengan bushing arm dan ball joint.Sama dengan karet boot
as-roda tadi, komponen ini kerap diabaikan karena posisinya yang ngumpet
dibawah, apalagi kalau tidak ada muncul suara gluduk-gluduk..Dan soal
komponen ini gak usah pikir dua kali, bila diketahui sudah rusak atau
disarankan untuk diganti oleh sang mekanik, langsung saja diganti, karena part ini jika rusak dapat merembet ke
komponen yang lain, soal harga Rp 836 ribu per buah. Rem. Sudah
pasti perangkat satu ini mulai habis, mulai dari kampas rem, piringan rem,
booster,selang rem, sudah pasti
mengalami penurunan kerja, meski masih normal alias masih bisa ngerem, tapi
tentunya tidak sepakem sewaktu baru, maklum komponen ini sangat vital lho. Jadi
anda harus memeriksakan agar komponen ini selalu dalam keadaan ideal, apalagi kampas rem yang akan habis dalam waktu
tertentu, ganti dengan yang baru seharga Rp 400 ribuan. Belt. Tentunya
dipengaruhi panasnya suhu ruang mesin dan beratnya beban yang dipikul dari
komponen ini akan memperpendek usianya. Sebagai penggerak pulli mesin dan
alternator, komponen ini wajib diperiksa, jangan nunggu sampai putus baru
diganti, lakukan pengecekan untuk memastikan kondisi belt belum getas
atau rengat. Untuk harga, bengkel
resmi mematok harga Rp 65 ribu diluar biaya pemasangan, jangan lupa walaupun
berbentuk tali karet, komponen satu ini sangat vital lho.
Sumber : Tabloid Otomotif edisi 31 desember 2011, dengan
perubahan kata dari saya. Semoga artikel mengenai perawatan HONDA JAZZ
I-DSI & V-tec di atas 5 tahun ini dapat membantu dan berguna bagi anda.
Trims wasalam..
0 komentar:
Post a Comment