Tuesday, February 14, 2012

Tips simple merawat si bandel ALL NEW HONDA CR-V

All New Honda CR- V. Memang kesan gagah muncul dari mobil ini, mobil yang berperawakan jangkung, gagah dan besar yang merupakan satu-satunya andalan Honda di kelas SUV di tanah air, memang mobil ini terkenal bandel,  tapi bukan berarti gak perlu dirawat,  untuk perawatan pada mobil ini tidak terlalu menguras kantong. Ada beberapa poin yang perlu anda perhatikan dalam perawatan All New HONDA CR-V ini, yakni:

Wiper. sempat jadi topik hangat karena tidak ditemui di pasaran, namun sekarang sudah banyak kok, kalau mau karetnya saja Rp 65 ribu dan kalu komplet Rp 198 ribu (panjang) dan Rp 140 ribu (pendek). Engine Mounting. Hal ini mirip pada keluhan CR-V generasi sebelumnya, komponen satu ini tergolong liquid engine mounting, rata-rata yang kena sebelah kanan (yang besar) harganya Rp 2.5 jutaan. Getar terjadi karena mesin miring dan as roda tidak center lagi, sehingga getar saat akan jalan, salah satu triknya sebelum ada duit untuk mengganti bisa dengan cara mengganjal  Engine Mounting supaya mesin bisa rata kembali.

Oli. Oli mesin yang direkomendasikan ialah oli orisinal Honda dengan SAE 5w-30, dengan harga per liternya Rp 93.500 ribu dan di butuhkan 4 liter,  dan untuk oli aftermarket bisa pakai yang SAE 10W-40, namun jika menggunakan oli after market (non orisinil Honda) dilakukan penggantian per 5000 Km, tapi jika menggunakan oli Honda (oli orisinil) bisa dilakukan penggantian per 10.000 Km, memang harga oli Honda mahal tapi anda menang di segi waktu yaitu bisa dilakukan pengantian lebih lama, dan hemat uang jasa penggantian oli…Dan untuk oli transmisinya, bisa digunakan oli ATF - Z1 dengan harga Rp 75.900 ribu per liter, dan dibutuhkan 3 liter sekali penggantian, tapi jika anda melakukan penggantian sekaligus pengurasan dibutuhkan 10-12 liter.

Karet bodi. Jika komponen ini rusak bisa ditandai dengan bunyi nguung-nguung saat mobil berjalan, jangan hanya fokus pemeriksaan di ban jika suara ini terdengar, karena bisa saja suara itu timbul  dari celah pintu dan bodi, apalagi jika anda menggunakan footstep makin parah lagi terutama jika melaju dijalan tol. Solusi nya anda bisa menambahkan karet balon di sekeliling pintu dan bodi, untuk harga sekitar Rp 150 ribuan untuk empat pintu belum termasuk jasa pemasangan. Paket tune-up. Perawatan ini hanya sekedar penggantian saringan-saringan dan busi, misalnya saringan udara mesin 2000 cc sekitar Rp 200 ribuan, lalu saringan oli Rp 35 ribu, busi Rp 20 ribu perbuah, tapi kalau menggunakan busi  iridium harganya Rp 250 ribu  perbuah, ada juga busi irdium aftermarket dengan harga Rp 350 ribu perbuahnya.

Sumber : Tabloid Otomotif edisi 31, November 2011, dengan perubahan kata dari saya..Semoga artikel mengenai  tips simple merawat si bandel ALL NEW HONDA CR-V ini dapat berguna bagi anda, trims… wassalamualaikum.

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats