Sunday, March 4, 2012

SUZUKI SX 4, KOMPRESOR AC BERBUNYI CETAK-CETEK

Pada posting ini, mengenai SUZUKI SX 4, Yang mengalami problem pada Kompresor Ac yang Berbunyi Cetak-Cetek, mungkin bagi anda yang mengalami permasalahan yang sama, postingan ini dapat membantu, seprti ini problem nya. Dalam satu minggu belakangan ini saat idle atau langsam, Rrpm mobil turun menjadi 500 Rpm, dan saat AC nyala Rpm menjadi 750, mesin jadi bergetar parah,  dan suara kompresor  AC jadi cetak-cetek,  ketika jalan macet gas mobil harus di tahan sekitar 1000 Rpm biar tidak bunyi cetak-cetek.

Pertama.  Apakah kompresor AC mobil ini bermasalah?  Benar, bahwa kompresor AC mobil ini bermasalah, pada peranti ini ada alat yang bernama magnetic cluth. Magnetic cluth ini bekerja dengan menghubungkan as kompresor dengan puli.  Pada saat AC mati, puli dan as dalam kompresor tidak terhubung, makanya meski puli berputar kompresor  tidak bekerja.  Begitu AC aktif magnetic cluth ini mendapat arus dan menarik puli supaya menyalurkan putaran ke kompresor.  Sehingga AC bekerja dan jadi dingin. Nah bunyi cetak-cetek itu adalah bunyi magnetic cluth tanda kompresor aktif.
Dan tidak perlu khawatir kompresornya rusak karena hal ini sudah biaasa terjadi, namun kalau dibiarkan tentu akan menimbulkan efek jangka panjang, terutama pada magnetic cluth terlebih dahulu.
Mengobatinya perlu mengecek peranti AC dan pendukungnya. Karena naik turunnya putaran mesin pasti bersamaan dengan bunyi cetak-cetek itu. Bisa juga dari throttle body kurang prima karena putaran mesin turun, atau bisa juga dari thermostat AC

Kedua. Apakah permasalahan ini bisa diketahui dengan engine scanner?  Penggunaan engine scanner bisa untuk pengecekan peranti elektronis seperti sensor-sensor, namun kalau kerusakannya mekanis perlu pemeriksaan lanjut. Ketiga. Dan berapakah Rpm idle yang normal untuk mobil ini?  Rpm yang ideal untuk mobil ini 800 Rpm.

Artikel ini merupakan kumpulan konsultasi yang bersumber dari Tabloid Otomotif edisi : 31 desember  2011, dengan perubahan kata dari saya. Semoga artikel mengenai SUZUKI SX 4, KOMPRESOR AC BERBUNYI CETAK-CETEK ini dapat membantu dan berguna bagi anda.. Trims wasalam…





0 komentar:

Post a Comment

View My Stats

Automobile blogs