Tuesday, January 24, 2012

TIPS DALAM MEMILIH KACA FILM, GELAP-TERANG BULAN UKURAN

Penggunanaan kaca film nampaknya sudah merupakan kewajiban bagi setiap mobil, contoh saja banyak paket yang di tawarkan pada setiap showroom mobil baru. Memang kaca film sangat membantu penumpang didalam mobil agar tetap nyaman Karena terhindar dari terik panas matahari, atau pun dari segi privasi ( tentunya jenis kaca film hitam solid dapat memenuhi hal ini ). Tentunya bagi anda yang hendak memasang kaca film pada mobil anda bingung, karena banyaknya merek dan tentu saja dengan harga dan kualitas yang berbeda-beda.

Sebelum anda memilih kaca film apa yang hendak  dipasang sebaiknya anda harus ingat jika tujuan utama kaca film untuk menolak rambatan panas yang berasal dari sinar matahari, disini perlu anda ketahui bahwa kemampuan kaca film untuk menolak panas matahari bukan ditentukan oleh gelap atau terangnya kaca film itu, melainkan tergantung pada material serta bahan pambuatan kaca film itu sendiri.  Jadi dalam memilih kaca film yang harus anda perhatikan ialah kemampuan tolak panas dari kaca film itu sendiri, karena sinar Ultra Violet yang berasal dari matahari, dapat merusak jaringan kulit dan bahkan mata. Sedangkan 80 % kandungan sinar matahari ialah sinar infra red yang menyebabkan kulit terasa panas.  Kalaupun anda hendak memilih jenis kaca film yang gelap (hitam solid) sebaiknya yang tidak lebih dari 70% agar pandangan anda dimalam hari tidak terganggu.

Teknologi DUAL VLT.  Ini adalah teknologi terbaru kaca film, yang memiliki keistimewaan dapat merubah tingkat kegelapan, jadi mampu secara otomatis menyesuaikan dengan intensitas cahaya sekitarnya. Pada kaca film ini, saat kondisi malam hari atau berada di garasi kadar gelap pada lapisan film di kaca depan 20%, sedangkan saat terik di luar ruangan kadar gelapnya menjadi 40% (kaca depan) dengan daya tolak panas sekitar 90-96%. Dan pada jenis kaca film ini tidak memantulkan kembali cahaya matahari yang mengandung beberapa spectrum termasuk sinar infra red (pantulan kembali inilah yang dapat merusak lapisan ozon)

Kaca Film Harga Terjangkau, Kalau bicara soal merek tentu sangat banyak yang membanjiri pasaran, tiap distributor maupun agen resminya berlomba-lomba menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.  Strategi pasar yang umumnya di terapkan oleh beberapa agen tunggal kaca film merek terkenal, dengan menawarkan alternative tipe lain atau produk second layer yang tak jauh berbeda dengan produk unggulannya. Ya tentunya dalam hal ini kejelian anda dituntut untuk mengetahui kombinasi tipe apa yang paling sesuai bagi kantong dan tentunya tidak mengesampingkan kualitas. Sebut saja merek    Masterpiece dengan varian Renzu Mint untuk kasta teratasnya, ada juga Black Shinju serta Ice Yuki, kedua varian ini tersedia buat kaca depan samping dan belakang.

Banderol retail Masterpiece terbilang ramah dikantong, contoh buat Toyota Avanza dijual Rp 1,5 (full) dan Kijang Innova Rp 1,7 Juta (full), Sedangkan  untuk Honda All New Jazz seta Nissan Livina di jual Rp 1,4 Juta (full), garansi produk ini sampai 7 tahun. Ada juga brand 3M, untuk kaca depan tersedia tipe Night hawk, sedangkan untuk varian depan dan belakang bisa pakai varian Black Beauty, harganya full side berkisar Rp 1,7-1,8 Juta tergantung tipe mobilnya. Ada juga merek Hupper Optik dengan pilihan tipe ceramic 40 buat kaca depan dikombinasi dengan tipe klassisch, klassisch black dan reflector, tingkat kegelapan untuk depan 20% dan samping serta belakang  tersedia pilihan mulai 60-80 %, dan kombinasi tipe tadi harga full side  dibawah Rp 2 juta, sedangkan kaca film depannya saja dijual dibawah Rp 1 juta tergantung tipe mobil. Sementara Sollar Guard yang merupakan produk second layer dari V-Kool, juga bisa dijadikan alternative pilihan, produk ini menawarkan kombinasi terbaiknya yaitu seri  SS dan HP Supreme, untuk kaca depan bias pakai tipe SS50(30%) atau SS30(40%), dikombinasikan dengan tipe HP Supreme 16 (60%) atau HP supreme 10 (80%). Dengan rentang hargarp 1,5-2 juta full side. Dan bicara soal kualitas tipe kaca film tadi menggunakan teknologi Sputtered dengan kemampuan menolak hawa panas matahari maupun lampu sorot lebih optimal.

Sumber : tabloid Otomotif Oktober 2011, Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih kaca film bagi mobil kesayangan anda ya, wasalam.




















1 comment:

  1. gan,ane juga punya produk kaca film yang murah tapi ga murahan,
    VLT 11%,TSER 80%,UVR 99%,VLR 23%

    ReplyDelete

View My Stats

Automobile blogs