Wednesday, October 26, 2011

5 PANDUAN RINGAN BAGI ANDA DALAM MEMILIH MOBIL BEKAS

Dengan 5 langkah ini diharapkan bagi anda agar tidak tertipu dalam memilih mobil yang akan dibeli, sejatinya 5 langkah ini bisa anda lakukan sendiri tapi labih baik jika anda meminta bantuan teman yang mengerti tentang mobil..

1.EKSTERIOR. Yang paling dulu dilihat dari sebuah mobil ya pasti bodiluarnya ya kan, sama bila melirik cewek yang bodinya aduhai.. Pertama bisa dilihat dari sekeliling kaca, lantaran karet kaca yang tidak rapat mengapit dengan bodi bisa menyimpan air. Beberapa mobkas sering ditemui bodinya yang berkarat, bahkan ada  juga yang sampai bolong, dalam hal ini bisa dilakukan perbaikan dengan proses pengelasan. Kedua perhatikan tampilan warna dan bekas goresan dengan menggunakan bantuan sinar lampu, biasanya jika ada pengecatan ulang bakalan terlihat bekas pertemuan antara cat lama dan baru, biasanya pertemuan antara cat lama dan baru  terdapat dilekukan plat bodi. Dan guna memastikan apakah mobil bebas dari bekas tabrakan baik ringan ataupun berat bisa dilihat dibagian pintu. Cobalah menutup pintu dengan  ayunan yang pelan, perhatikan apa pintu menutup dengan rapat atau tidak, dan rasakan ayunan pintu apakah bisa mengayun dengan mudah atau terasa ada ganjalan…

2.INTERIOR. Disini dituntut kejelian anda dalam memperhatikan kondisi keadaan interior mobil yang akan dibeli. Dan ingat jangan lewatkan bagian terkecil sekalipun.. Pertama. perhatikan bekas banjir, pada kabin yang pernah terendam banjir  biasanya ada bekas air pada bagian karpet dasar, kick panel, dan firewall, jangan ragu membuka bagian karpet untuk memastikan kondisi karpet tidak terendam banjir. Kedua jangan ragu membuka bungkus jok yang sudah dibungkus ulang, karena dari pengalaman sering niat dari pemilik sebelumnya yang membungkus ulang jok untuk  menyembunyikan kekurangan mobilnya..Ketiga jangan lupa untuk memastikan kelengkapan kabin, pastikan kelengkapan kabin termasuk fitur didalamnya lengkap seperti ragam panel indicator hingga pranti audio…

3.MESIN. Dalm hal ini jika anda gak ngerti sama sekali soal mesin dengarkanlah suara mesinnya , apakah halus atau kasar, tentunya yang halus dong yang dikatakana bagus..Pertama perhatikan asap knalpot, apakah berwarna  putih, asap putih pada knalpot menandakan ring piston mobil sudah aus. Kedua pastikan tidak ada ceceran oli  berwarna hitam dari bagian kolong knalpot.ingat jika ada ceceran oli berwarna merah itu tandanya power steering yang sudah mulai bermasalah.
 4.AUDIO. Nah inilah yang paling sering ditukar pemilik mobil sebelum mobilnya mau dijual, cara mengecek head unit yaitu dengan mengetahui auto seek(pencarian siaran radio otomatis) bisa scaning atau tidak, nah bila kurang maksimal berarti tuner radionya sudah lemah, Dan bagi yang ada CD nya , bisa diperiksa dengan memasukan kepingan CD ke dalm slot,perhatikan apakh CD bisa membaca dengan baik atau tidak ada respon ‘error disc’atau ‘no disc’. Bila hal ini dijumpai berarti optic sudah lemah. Sementara itu untuk speaker bisa diperiksa dengan mengecek dengan memutar lagu yang agak ngebeat, perhatikan suara nya bila terdengar suara cacat pada speaker berarti I pada speaker sudah terbakar..

5.KAKI-KAKI. Pengecekan ini berguna agar diperjalanan dengan mobil baru anda terasa nyaman. Pengecekan ini dimulai dari bagian depan, sekaligus sebagai perangkat untuk belok.Salah satu yang harus dicek adalah ball joint. Yang punya beban kerja cukup tinggi,Caranya dengan menggoyangkan ban keatas dan ke bawah saat ban dalam kondisi menggantung..Dan yang tidak boleh dilupakan adalah kondisi tierod, perngkat yang menghubungkan roda dengan roda kemudiini juga sering bermasalah karena tiap hari diajak gerak untuk belok kiri dan kanan tentunya. Sama dengan pengecekan ball joint pengecekan tie rod dilakukan saat roda dalam keadaan menggantung..

Semoga Artikel mengenai 5  Panduan Ringan Bagi Anda Dalam Memilih Mobil Bekas ini berguna dan dapat membantu bagi anda, Trims Wassalamualikum.

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats