Saturday, April 21, 2012

TIPS PERAWATAN Combi-Brake, Parking-Lock brake HONDA VARIO

TIPS PERAWATAN HONDA VARIO. Vario memang lagi laris manis, skutik andalan Honda ini banyak diminati dari kawula muda hingga ibu rumah tangga, memang Vario dilengkapi teknologi canggih dari Honda, seperti penggunaan radiator, rem dengan sistem combi brake, parking lock, switch pengaman standar samping  hingga teknologi terakhir, penggunaan teknologi injeksi sebagai pengganti karburator. Perawatan tentu diperlukan pada perangkat diatas, baiklah mungkin tips perawatan Honda Vario (berlaku bagi Vario semua tipe) dibawah ini bisa anda lakukan sendiri, sembari mengisi waktu senggang.

Tips perawatan Combi-Brake Vario. Inilah teknologi pertama ditanah air yang dikeluarkan oleh Honda, pertama diaplikasikan pada Honda Vario Techno, sistem kerja alat ini sebenarnya cukup sederhana, hanya menggabungkan kerja rem depan dan belakang, jadi begitu rem belakang ditarik rem depan juga ikut berfungsi. Alat ini menggunakan pengungkit untuk menarik rem belakang dan menekan master rem depan, sehingga ada semacam kotak didekat tuas rem belakangnya. Karena barang ini bergerak secara rutin tentunya diperlukan pelumasan, ya perawatannya dengan memberi pelumasan dengan oli atau gemuk, caranya anda tinggal membuka kotak didiekat tuas rem belakang tadi, maka mekanisme rem tersebut akan kelihatan, nah silahkan anda berikan grease atau gemuk, bisa juga oli atau cairan penetrant seperti WD-40. Dan jangan lupa untuk menutup kembali kotak tersebut dengan rapat selesai pekerjaaan.

Tips Perawatan Parking-Lock Vario.Parking lock ini sangat membantu untuk mengunci Honda Vario agar tidak bergerak maju atau mundur, sistem kerjanya sederhana, hanya menahan tuas rem belakang agar tidak balik ke posisi bebas, nah pada tuas yang berbentuk plat ini tidak ada perawatannya, perawatan hanya pada setelan rem diroda belakang, ya, jika rem terasa jauh,  maka baut setelan itu bisa anda dekatkan untuk memperpendek jarak rem belakang. Ok, dua ini  dulu yang kita ulas, kedepan insya Allah ditambahkan perawatan Tips perawatan Switch Side Stand (pengaman Standar samping) dan tips mengatasi lampu sein berembun..
Artikel ini bersumber dari tabloid Otoplus edisi 31/VII 24-30 januari 2011.Semoga artikel mengenai Tips Perawatan Honda Vario, Perawatan Combi Brake, Perawatan Parking Lock  ini dapat berguna bagi anda. Trims, Wassalamualaikum.

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats

Automobile blogs