Sunday, April 22, 2012

Perawatan Side Stand Switch, Lampu Sein berembun pada Honda VARIO

Tips Perawatan Honda Vario. Pada posting sebelumnya ada dua tips perawatan Honda Vario, yakni Tips perawatan Parking-Lock Vario Dan Tips Perawatan Combi-Brake Vario, pada posting ini diulas tips mengenai, Perawatan Switch Side Stand (Pengaman Standar Samping) Dan Tips Mengatasi Lampu Sein Berembun.

Tips perawatan Side Stand Switch. Semua skutik pabrikan Honda mengandalkan perangkat keselamatan tambahan ini, memang perangkat tambahan ini sangat membantu apabila kita lupa menaikan standar samping, disaat mau menghidupkan motor, dengan adanya alat ini motor tidak akan mau hidup. Sering terjadi pada motor yang tidak dilengkapi alat ini, pengendara lupa menaikan standar samping, sehingga ketika motor jalan bisa mengakibatkan hal yang tidak diingini, paling ringan standar samping bergesekan dengan permukaan jalan yang akan membuat kaget pengendara, dan bahkan bisa mengakibatkan motor  terjatuh. Di alat ini, ada switch sebagai sebagai pemutus dan penghubung sirkuit kelistrikan motor, dalam hal ini jika switch ini tidak terhubung atau standar samping belum dinaikan, maka motor tidak akan mau hidup. Prinsip kerjanya sama dengan kunci kontak, hanya penempatan dan sistem kerjanya yang berbeda. Perawatan alat ini cukup dengan  membersihkannya, apalagi kerap melalui jalan yang becek atau banjir, cara pembersihan alat ini, anda harus melepas dek  paling bawah, dan perhatikan ada perangkat diujung atas standar samping. Anda bisa mencopot dan membersihkannya dengan cairan penetran sperti WD-40 atau contact cleaner. O iya alat ini juga jangan dianggap sepele, karena jika alat ini rusak maka motor tidak akan mau hidup. 

Tips mengatasi Lampu Sein berembun. Walau kasus ini tidak banyak, tapi ada juga pemiilik HONDA VARIO mengeluhkan problem ini, biasanya terjadi sehabis mencuci atau habis kehujanan. Tentunya hal ini disebabkan karena ada celah pada lampu, hal in terjadi karena pemasangan bult soket lampu sein pada kedudukannya dilampu kurang presisi, bisa juga dari sambungan mika pampu sein dan reflector yang kurang rapat, makanya air atau embun bisa masuk. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan sealent (sealent untuk kaca aquarium atau kaca mobil) pada sambungan atau celah kaca dan pada bult soket lampu.

Artikel ini bersumber dari Tabloid Otoplus Edisi 31/Vii, 24-30 Jan 2011, dengan perubahan kata dari saya. Semoga artikel mengenai Tips perawatan Switch Side Stand dan Tips mengatasi Lampu Sein berembun ini dapat berguna dan membantu bagi anda, Trims Wassalam..

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats