Sunday, April 15, 2012

TIPS DARURAT MENGATASI RADIATOR PANAS

Mungkin anda pernah atau sering mengalami hal ini pada mobil anda, pastinya anda akan bingung jika hal ini terjadi, biasanya hal ini sering terjadi bila mobil yang terjebak kemacetan atau  sedang memikul beban berat atau dalam keadaan jalan menanjak pada rpm tinggi, biasanya pada rute luar kota sering ditemui tanjakan. Cirinya pada jarum temperature indicator suhu mobil mulai menunjukan level setengah atau bahkan mendekati level paling atas (HOT)

Biasanya para pengemudi mobil akan menghentikan kendaraannya dengan tujuan untuk mengistirahatkan mesin sebentar, hal ini dimaksud agar suhu Radiator turun. Tapi hal ini juga terkadang tidak bisa membantu, karena begitu mesin di jalankan kembali tidak lama suhu radiator pun akan naik kembali.  Nah jika hal ini terjadi pada mobil anda, kemungkinan merupakan pertanda ada masalah pada radiator mobil anda.  Ada tips yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah ini,  memang tips ini darurat, hanya menjelang mobil anda mampir ke bengkel servis radiator untuk perbaikan, tapi lumayan cukup membantu. 
Extra fan AC. Komponen ini dapat anda jadikan pendinginan darurat untuk radiator yang Overheat, caranya, anda harus melepaskan kabel setrum negative kompresor,  cukup itu saja, lalu setelah anda melakukan langkah tadi anda tinggal menjalankan mobil anda seperti biasa dan perhatikan suhu radiator mobil anda, turun bukan? Tips diatas pada prinsipnya membantu pendinginan radiator yang diperoleh dari hembusan angin Extra fan AC,  karena sistem kerja AC ialah mendinginkan suhu kabin mobil kemudian suhu panas disalurkan ke kondesor AC, sehingga jika kabel negative kompresor dilepas praktis kondesor tidak akan berfungsi Karena tidak mendapat arus lagi, nah terus hembusan kipas extra fan tadi akan membantu mendinginkan radiator. Tapi anda harus ingat tips ini darurat Lho, bukan untuk jangka lama, segera periksa radiator ke bengkel servis radiator, karena jika hal ini terjadi pada mobil anda sudah pasti ada masalah pada radiator, bisa jadi karena radiator buntu atau ada masalah dimesin.

Artikel ini bersumber dari Tabloid Otoplus edisi 27, 26 DES 2011 - 1 JAN  2012. Semoga artikel mengenai TIPS DARURAT MENGATASI RADIATOR PANAS ini dapat berguna bagi anda, Trims wassalamualaikum…

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats

Automobile blogs