Sunday, February 19, 2012

Honda Jazz VTEC-AT 2006 Mberebet.

Honda Jazz Vtec/At 2006 Honda Jazz 2005 I-Dsi, mberebwt dan spek bahan bakar yang cocok, premium atau pertamax. Pada posting ini mengenai kendala mesin yang mberebet dan pemilihan bensin yang cocok, mungkin bagi anda yang mengalami permasalahan yang sama, postingan ini dapat membantu. Historis  mobil ini baru dibeli sekitar 2 bulan yang lalu, pemakaian BBM sebelumnya Pertamax dan Pertamax plus, karena berbagai factor mobil ini menggunakan BBM premium (tidak selalu Pertamax atau pertamax plus)

Pertama, Bolehkah mobil  ini menggunakan premium, jika boleh apakah ada penyetelan pada peranti lain agar tetap optimal di kendarai? Penggunaan premium tidak mengakibatkan masalah pada mesin, bahkan lebih baik jika menggunakan BBM dengan oktan tinggi seperti pertamax (oktan 92) atau shell super dan lainnya. Kedua. Bolehkah pertamax atau pertamax plus dicampur dengan premium, dan apakah perlu ubahan lainnya, dan apa akibatnya? Pencampuran BBM sepeti ini tidak masalah, dan tidak ada efek samping sama sekali, bahan bakar campuran ini mempunyai karakter linear, justru akan menaikan kadar nilai oktan sesuai perbandingan campuran kedua jenis BBM ini.

Ketiga. Mobil mengalami kendala yakni pada gigi D (drive) dan akan akselerasi pada putaran 1500 Rpm ada gejala mberebet, bahkan jika dipaksakan serasa seperti perpindahan gigi yang menyentak, apakah ini karena penggunaan BBM seperti yang saya lakukan, atau girboks sudah rusak?  Gejala mberebet mesti ada pengecekan lanjut, yang pasti nukan dari segi premium. Hal yang perlu di cek ialah Fuel pump. Fuel pump yang sudah lemah bisa membuat mesin sedikit mberebet pada saat moibl akan bergerak, namun kemungkinan besar berasal dari transmisi otomatisnya, bisa disebabkan Oli yang sudah kotor, karena girboks Honda jazz tergolomg sangat sensitive terhadap oli kotor karena bisa mengurangi kinerja katup-katup selenoidnya, sebagai langkah pertama bisa dilakukan penggantian oli sekaligus pengurasan, dan kedua membersihkan katup solenoid, ketiga lakukan penggantian saringan oli maatiknya dengan melakukan pembongkaran transmisi.

Artikel ini merupakan kumpulan konsultasi yang bersumber dari tabloid otomotif edisi 03. mei 2011, dengan perubahan kata dari saya. Semoga artikel mengenai problem Honda Jazz VTEC/Automatic 2006 Mberebet. ini dapat membantu  dan berguna bagi anda..Trims wasalam…

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats

Automobile blogs