Wednesday, February 15, 2012

HONDA JAZZ Matik 2007 bergetar habis ganti kampas rem

Pada posting ini, saya akan tuliskan mengenai Honda Jazz Matik 2007 bergetar habis ganti kampas rem, Yang mengalami problem pada kaki-kaki mungkin bagi anda yang mengalami permasalahan yang sama, postingan ini dapat membantu, dibawah ini pertanyaannya.

Problemnya, Saat mobil direm timbul getaran yang lumayan keras,  tapi setelah dilakukan penggantian kampas rem depan, getaran berkurang, justru bahkan hilang, namun setelah sebulan pemakaian getaran muncul kembali..Apakah permasalahan ini bersumber dari kampas rem atau pada suspensi ?.  
Solusi. Getaran yang muncul pada mobil ketika pedal rem diinjak memang disebabkan piringan atau cakram rem yang sudah tidak rata. Seiring pemakaian, disc brake atau cakram rem bisa aus tergerus kampas rem, selain tergerusnya tidak merata, piringan cakram juga bisa berubah bentuk. Maksudnya tadinya cakram berbentuk rata, jadi sedikit peyang, hal ini bisa disebabkan terkena benda asing, atau ada penyebab lainnya, seperti Panas yang terjadi saat pengereman bisa merubah struktur metalurgi cakram sehingga dimensinya pun berubah. Karena permukaan cakram yang tidak rata itulah maka pedal rem jadi berdenyut ketika diinjak, lantas terasa bergetar bila sudah parah atau ketika mengerem pada kecepatan tinggi.

Kalau belum parah, mengganti kampas rem baru yang relative empuk bisa saja mengurangi getaran. Efeknya, karena kampas baru yang empuk dapat meredam getaran, atau anda bisa sekaligus mengganti piringan rem, atau melakukan pembubutan pada piringan rem untuk meratakan piringan rem, dan untuk pembubutan piringan rem ini, pilihlah pembubutan dengan cara langsung dari roda, jangan melakukan pembubutan dengan cara membawa piringan rem ke tukanag bubut, karena hasilnya tidak maksimal atau justru tidak sembuh.

Artikel ini merupakan kumpulan konsultasi yang bersumber dari Tabloid Otomotif Edisi 08. Juni 2011, dengan perubahan kata dari saya. Semoga artikel mengenai problem Honda Jazz Matik 2007 bergetar habis ganti kampas rem ini dapat membantu dan berguna bagi anda. Trims wasalam…
                                

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats

Automobile blogs