Friday, November 25, 2011

10 TIPS HEMAT BBM

Irit minyak, Saat ini hampir semua pabrikan kendaraan mendesain produknya bermesin efisien dengan tingkat konsumsi bahan bakar relative irit. Berbagai macam teknologi mesin dikembangkan dan diaplikasikan. Tapi itu bukan satu-satunya aspek yang menjamin iritnya bahan bakar kendaraan anda. Dan yang jauh lebih penting karakter anda dalam mengemudi banyak berperan dalam menghemat jumlah liter bahan bakar kendaraan anda, apalagi bagi anda yang memiliki mobil yang lumayan boros. Apa saja yang perlu dilakukan agar tercapai pemakian bahan bakar yang irit.

Pertama, Jagalah  putaran mesin, Rata-rata mesin bensin bekerja optimal pada putaran mesin 2.500-3.000 rpm – tempat torsi maksimal berada, aturlah perpindahan gigi supaya tepat berada pada angka itu, jika terlalu tinggi maka BBM akan cepat terbuang, dan jika terlalu rendah maka mesin akan kehilangan torsi yang menyebabkan mesin kehilangan tenaga dan butuh injakan gas lebih dalam ketika hendak menambah  kecepatan. Paling hemat jika anda  melaju konstan dirpm tersebut dengan gigi tertinggi (top gear). kedua. Hindari akselerasi dan pengereman berlebihan. Prinsipnya jika kita mengerem maka akan dibutuhkan tenaga mesin lagi untuk mengemballikan kecepatan semula, karena itu perhitungkanlah kondisi didepan anda dan cobalah melaju sekonstan mungkin. Ketiga. Jagalah tekanan ban, Tekananban yang berkurang akan menyebabkan hambatan mobil bertambah. Dan juga memperpendek umur pakai ban, Pastikan tekanannya sesuai dengan rekomendasi pabrik dan tambahlah 2-3 psi ketika hendak dimuati beban banyak atau melaju dijalan tol.  
Keempat. Gunakanlah engine brake, Khusus mobil injeksi, membuat hemat saat mengerem, soalnya ketika proses engine braking maka computer mesin (ECU) akan memutus aliran bahan bakar ke mesin.
Kelima, Pastikan kondisi mesin prima. Lakukan uji emisi atau anda bisa mengecek kondisi kendaraan anda kebengkel langganan untuk mengetahui kesempurnaan pembakaran, jika perlu dilakukan pembenahan disektor mesin dan pengapian agar pembakaran yang terjadi dimesin menjadi optimal. Keenam.  Pastikan celah rem sudah tepat, Jika celah antara cakram dan brake pad (kampas rem) terlalu rapat, atau kampas rem lengket, maka putaran roda akan terhambat, gejalanya laju mobil terasa agak tertahan, dan tentunya menambah beban kendaraan Ketujuh. Hindari jalan macet.Ketika mobil berhenti konsumsi BBM saat itu ialah 0 km/liter, anda membakar BBM hanya untuk berhenti. Jadi semakin banyak anda menghindari titik  kemacetan maka semakin baik konsumsi BBM yang di dapat. Kedelapan. Dapatkan SPBU yang presisi. Sebisa mungkin mengisi bahan bakar di SPBU yang memiliki pengukuran akurat. Kesembilan. Matikan AC jika tidak perlu. Compressor AC memberikan beban yang cukup besar bagi mesin, matikan saja jika anda mengemudi di cuaca yang sejuk atau malam hari.  Kesepuluh. Jaga injakan pedal gas, Selalu injak pedal gas dengan lembut. Menginjak terlalu dalam akan memboroskan BBM secara eksesif.

Semoga artikel mengenai 10 tips dalam menghemat bahan bakar kendaraan anda, ini dapat berguna bagi anda, trims wassalamualaikum.

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats