Saturday, February 11, 2012

Pelumas, oli yang cocok untuk XENIA DAN AVANZA

Memilih oli terkadang membingungkan bagi sebagian pemilik mobil,  sebenarnya tidak susah, pada dasarnya anda sebagai pemilik mobil tinggal mengikuti spek yang dianjurkan pada buku manual mobil tersebut. Di postingan ini saya akan mengupas mengenai pemilihan oli untuk Xenia dan Avanza. Dari sisi dapur pacu Avanza memiliki 2 dapur pacu 1.300 cc dan 1.500 cc dan Xenia varian mesinnya 1.000 cc dan 1.300 cc namun dari segi perawatan tak jauh berbeda mulai dari penggantian oli mesin, girboks, dan gardan. .Namun dari spek oli ada perbedaan, Daihatsu Xenia memakai API service berkode SL dengan SAE 10 w - 40 memakai oli Genuine Daihatsu.

Dan pada Toyota Avanza spek olinya memakai API service berkode SM memakai TMO (Toyota Motor Oil) untuk volume olinya untuk oli mesin,  Avanza memerlukan 4 liter oli setiap pengggantian oli dan jika filter oli juga diganti olinya jadi 4,5 liter . Dan untuk oli girboks juga gardan Xenia memakai API service GL5 dengan SAE 80 w - 90. Untuk anda yang mau menggunakan merek lain sah-sah saja, yang penting sesuai dengan spek yan dianjurkan, tentunya selain pelumas mesin standar juga banyak merek oli lain dipasaran seperti Sheel, Total, Motul, Mobil 1, Castrol, Penzoil, Pertamina, Top 1, Petronas, dll.
Jadi anda tinggal melihat spek oli tersebut, sesuaikan SAE anjuran pabrikan yakni SAE 10 w- 40,  karena semakin kecil angka SAE nya berarti oli tersebut semakin encer, tentunya dengan pelumas semakin encer kerja mesin semakin ringan yang berdampak ke konsumsi BBM yang akan semakin irit, tapi biasanya oli dengan tingkat kekentalan yang makin encer harganya relative mahal dan jarang dipasaran. Dan rata-rata standar pabrikan untuk mobil keluaran tahun 2000-2001 sudah harus memakai pelumas dengan spek 5w-40 atau 10w-40, spek oli yang semakin encer tersebut juga dikarenakan teknologi mesin yang semakin canggih, apalagi jika anda memakai spek oli yang lebih encer lagi seperti SAE 5w-30.. Kesimpulannya gunakanlah oli yang sesuai dengan anjuran pabrikan, pilih oli yang terjamin kualitasnya, jangan tertipu harga, rajin ganti oli dan filter oli sesuai jarak tempuh.

Artikel ini bersumber dari  Tabloid Otomotif  Edisi 23 Oktober 2011, dengan ubahan kata-kata dari saya.. Demikian artikel mengenai pemilihan Oli untuk XENIA dan AVANZA, semoga berguna bagi anda, Trims Wassalamualaikum…

1 comment:

View My Stats

Automobile blogs