Saturday, April 28, 2012

Cara membaca kode busi

Bismilah, Pernahkah anda memperhatikan saat anda membeli busi bagi mobil atau sepeda motor kesayangan anda, pasti tertera pada badan busi tersebut merek pabrikan pembuat, dan kode yang berupa angka dan huruf. Misalnya DENSO W 16EXR-U11, tahukah anda arti kode tersebut.
Kode diatas merupakan identifikasi bagi busi tersebut, yang artinya :

W.  merupakan ukuran diameter ullir dan hex busi, W menandakan diameter ulirnya 14 mm
16. merupakan tingkat panas busi, makin tinggi angka tersebut maka busi itu makin dingin, artinya busi tersebut mudah dan cepat melepas panas, angka tersebut berkisar dari 16-37. Nah disinilah timbul istilah busi balap, sebenarnya busi balap merupakan busi yang mampu melepas panas dengan cepat, dikarenakan tuntutan dari mesin balap yang mengharuskan panas di dalam ruang bakar terbuang dengan cepat.
E. adalah panjang ulir(drat) dalam satuan milimeter, E, menunjukkan kalau busi tersebut memiliki panjang 19-20 mm
X. adalah tipe khusus, X menandakan kalau busi tersebut memiliki tipe insulator extra project atau model special, ada pula tipe B yang merupakan ciri busi yang menggunakan 3 ground electrode, dan mmasih banyak lagi tipe electrode busi, terutama untuk busi high performance atau untuk spek kompetisi.
R. adalah konstruksi dalam, R menandakan kalau busi tersebut memiliki resistant, jika tidak memiliki huruf R, bararti busi itu tidak memiliki resistant atau suppressor.
U. bentuk gap khusus, menandakan busi ini memiliki permukaan elektroda berbentuk huruf U, ada juga tipe Z yang menandakan ground electrode platinum dengan model meruncing.
11. gap yang direkomendasikan,, angka 11 berarti 1,1 mm. inilah celah atau gap yang dianjurkan untuk busi ini, jika pada busi tertera angka 9 berarti jarak atau celah busi 0,9 mm dan jika angkanya 10, berarti jarak atau celah busi yang dianjurkan ialah 1,0 mm

Artikel ini bersumber dari tabloid otoplus edisi 21, 15-21 NOV 2010,dengan perubahan kata dari saya
Semoga artikel ini  mengenai cara membaca kode busi ini dapat berguna bagi anda, Terimakasih wassalamualaikum.

0 komentar:

Post a Comment

View My Stats

Automobile blogs